Batuan Cantik: Batu Mulia

Batuan Cantik: Batu Mulia

Ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut batuan cantik. Istilah yang paling sering digunakan dan paling popular adalah batu mulia, batu permata atau batu akik.

"Pada dasarnya yang dimaksud dengan batu mulia, batu permata ataupun batu akik adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor".

Slide Image Mania Gems


Dalam dunia perbatuan, batu mulia dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu "batu mulia" dan "batu semimulia". Istilah "batu mulia" ditujukan kepada empat jenis batuan cantik berjenis: berlian, batu ruby, batu safir dan batu zamrud.


Sedangkan kategori batu semimulia meliputi: batu akik, amber, amethyst/batu kecubung, aquamarine, aventurine, calchedony, chrysocolla, chrysoprase, citrine, garnet, hematit, batu giok, jasper, jet, kunzite, lapis lazuli, perunggu, biduri bulan, obsidian, onyx, peridot, rhodonite, sunstone, tiger eyes, tanzanite, topaz, pirus, turmalin dan banyak batuan cantik lainnya yang populer dan lazim digunakan sebagai perhiasan ataupun benda seni.

Persepsi Yang Keliru Tentang Nilai/Harga Batuan Cantik

Pemisahan batuan cantik ke dalam kategori batu mulia dan batu semimulia bagi banyak orang kadang diidentikkan dengan nilai atau harga dari batuan cantik dari masing-masing kelompok tersebut.

Banyak yang menganggap bahwa batu mulia memiliki nilai lebih atau harga yang lebih tinggi daripada batu semimulia. Meskipun hal ini tidaklah salah, namun bisa jadi istilah-istilah tersebut dapat menyesatkan karena pada kenyataannya banyak batuan cantik jenis agate / batu akik, batu giok, atau batu kalimaya dan batu semimulia lainnya yang memiliki harga jauh lebih tinggi dibanding  batuan yang tergolong kedalam kelompok batu mulia.